Tutup Iklan
Lumajang Raya

Kapolres Lumajang: Hewan Kurban Layak Konsumsi pada Idul Adha 1445 H

12
×

Kapolres Lumajang: Hewan Kurban Layak Konsumsi pada Idul Adha 1445 H

Sebarkan artikel ini

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024, Polres Lumajang di Jawa Timur melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Asrama Polri di Jalan Panjaitan. 

Acara ini dihadiri oleh personel Polres dan masyarakat sekitar. Kapolres Lumajang, AKBP Mohammad Zainur Rofik, turut hadir dan menyaksikan langsung prosesi penyembelihan tersebut.

Kapolres Lumajang, AKBP Mohammad Zainur Rofik, menyatakan bahwa pada hari raya ini, Polres Lumajang menyembelih beberapa hewan kurban, termasuk sapi dan kambing. 

“Di Hari Raya Idul Adha ini, jajaran Polres Lumajang telah menyembelih hewan qurban berupa sapi dan kambing,” ujar AKBP Rofik pada Senin (17/06/2024). 

Menurut AKBP Rofik, daging kurban tersebut akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu. 

“Daging kurban kemudian akan didistribusikan kepada mereka yang berhak menerimanya, seperti anak yatim piatu, fakir miskin, dan kaum duafa,” jelasnya. 

Ini merupakan bagian dari upaya Polres Lumajang untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Selain pembagian daging kurban, AKBP Rofik menegaskan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara Polri dan masyarakat. 

“Kegiatan ini juga memiliki tujuan untuk mempererat silaturahmi antara Polri dan masyarakat,” jelasnya. 

Dengan adanya acara ini, diharapkan hubungan antara polisi dan warga semakin harmonis.

Untuk memastikan kualitas dan keamanan hewan kurban, Polres Lumajang bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Lumajang dalam melakukan pemeriksaan kesehatan hewan. 

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa semua hewan dalam kondisi sehat dan layak konsumsi. 

“Setelah pemeriksaan menyeluruh, terbukti bahwa semua hewan kurban sehat dan layak untuk disembelih,” ungkap AKBP Rofik.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini menunjukkan kepedulian Polres Lumajang terhadap masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu. 

“Penyembelihan hewan kurban ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat, terutama yang kurang mampu,” tutup AKBP Rofik. 

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat merasakan kebahagiaan Idul Adha meskipun dalam keterbatasan.