Tutup Iklan
Lumajang RayaDaerah

Keindahan Air Terjun dan Goa Tetes Di Lumajang Menjadi Magnet Pelancong Mancanegara

4
×

Keindahan Air Terjun dan Goa Tetes Di Lumajang Menjadi Magnet Pelancong Mancanegara

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati (dok: Effendi/Jatim Raya)

Lumajang – Dua destinasi wisata lereng Gunung Semeru menjadi agenda kunjungan akhir tahun 2023 Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) perjalanan hari Minggu 31 Desember 2023, destinasi luar yakni Goa Tetes dan Air Terjun Tumpak Sewu, yang terletak di Desa Simdomulyo Kecamatan Pronojiwo di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Pj. Bupati Yuyun menyampaikan Kecamatan Pronojiwo adalah surga tersembunyi yang memamerkan keindahan alam yang tak tertandingi. Dengan lokasinya yang berada di kaki Gunung Semeru, kecamatan tersebut menyuguhkan panorama alam yang memukau dan menawarkan berbagai atraksi wisata yang dapat dinikmati oleh para pelancong.

“Keindahan alam di Goa Tetes dan Tumpak Sewu. Airnya yang terus mengalir dari atas dan membentuk keindahan di bawahnya memikat hati masyarakat dari berbagai negara, tidak hanya Asia seperti Thailand, Malaysia, dan Singapura, tetapi juga dari Eropa, seperti Belgia dan Rusia,” ujar Pj. Bupati dengan penuh semangat saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Selasa (02/01/2024).

Anggota Komisi X DPR RI Muhamad Nur Purnamasidi (dok: Effendi/Jatim Raya)

Yuyun menyampaikan kebanggaannya akan kerja kerasnya selama satu tahun terakhir. Melihat kecantikan alam di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, ia merasa segala kepenatannya sirna seketika.

“Ayo, mari bersama-sama meramaikan keindahan Goa Tetes di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Mari menikmati keindahan alam yang memukau dan kesejukan air yang mengalir,” serunya dengan semangat, mengajak semua orang untuk merasakan keajaiban alam yang tersembunyi di Lumajang.

Dalam momen yang luar biasa tersebut, Pj. Bupati Lumajang turut didampingi oleh para pejabat terkemuka, termasuk Kepala Desa Sidomulyo, Kepala Dinas Pariwisata, Plt. Kepala Dinas Kominfo, Kepala BAPEDA, Kepala Kesbangpol, dan Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lumajang.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati menjelaskan lokasi wisata yang ramai pada liburan hari besar terbanyak dikunjungi wisata alam, pengunjung tidak hanya lokal, regional maupun nasional bahkan dari mancanegara baik itu ke sigi tiga ranu di bawah Gunung Lamongan, pemandian alam Selokambang, air terjun Tumpak Sewu, Goa Tetes dan pantai.

“Lumajang ramai pengunjung di wisata alam, Lumajang mulai pantai, darat, perbukitan dan pegunungan”, kata Yuli Harismawati yang merupakan mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang.

Sementara itu Anggota Komisi X DPR RI Muhamad Nur Purnamasidi menjelaskan kedatangan para pengunjung wisata ke pelosok daerah akan meningkatan perekonomian, dari itu perlunya para pelaku wisata terus menjaga Sapta Pesona.

“Tentu kita harapkan bisa membawa uang sebanyak-banyaknya dari kota-kota besar ke daerah yang nantinya akan berdampak terhadap meningkatnya pertumbuhan ekonomi”, ucap legislator dari partai Golkar.

Barometer suksesnya objek wisata dikelola pelaku wisata mereka bisa membuat event yang diminati masyarakat bagemana caranya bisa pengunjung betah menikmati objek wisata yang disajikan.

“Wisata bagi saya adalah program paling efektif untuk memastikan distribusi pendapatan dari kota ke daerah, warga kota butuh hiburan orang lokal butuh uang, wisata kunci terjadinya meningkatkan ekonomi maka perlu dijaga bangun dan dengan baik”, pungkas Purnomosidi.

Jatim Raya | Dari Jawa Timur Untuk Indonesia We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications