Tutup Iklan
Lumajang Raya

Hardiknas PJ. Bupati Lumajang: Merdeka Belajar Menyadarkan akan Tantangan Dan Peluang

4
×

Hardiknas PJ. Bupati Lumajang: Merdeka Belajar Menyadarkan akan Tantangan Dan Peluang

Sebarkan artikel ini

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 02 Mei 2024 yang digelar di alun-alun Kabupaten Lumajang Jawa Timur diikuti ratusan pelajar pendidik undangan beserta jajaran Forkopimda.

Dalam amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dibacakan oleh PJ Bupati Lumajang, Indah Wahyuni mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir dalam mengemban misi Merdeka Belajar di Kemendikbud Ristek.

Beliau mengakui bahwa menjadi pemimpin gerakan Merdeka Belajar telah menyadarkan akan tantangan dan peluang yang ada untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

“Transformasi sebuah sistem yang besar bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan keberanian dan kerja keras, kita mampu menghadapi tantangan tersebut,” ujarnya. (02/05/2024).

Lanjutnya, Tantangan baru muncul ketika pandemi melanda, mengubah secara drastis proses pembelajaran dan kehidupan. Namun, pandemi juga memberikan kesempatan untuk mengakselerasi perubahan dan menguatkan semangat gotong-royong dalam membangun kembali.

“Perubahan sudah terjadi, dan bersama-sama kita sedang membangun wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia melalui gerakan Merdeka Belajar. Melalui gerakan ini, anak-anak berani bermimpi, guru-guru mencoba hal-hal baru, mahasiswa siap berkarya, dan seniman terus berkreasi,” kata Pj Bupati saat membacakan amanat.

Sementara itu, Kepala Staf Kodim 0821/Lumajang Mayor Inf Aditya Kurnia Rahman usai kegiatan mengatakan implementasi kebijakan merdeka belajar adalah untuk melakukan transformasi layanan pendidikan di tengah perkembangan zaman saat, utamanya adalah dalam mewujudkan karakter patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh generasi bangsa yang unggul dan kompetitif diera globalisasi dan modernisasi.

Lebih lanjut, Kasdim mengatakan dalam upaya mendukung dan memperkuat komitmen pada Gerakan Merdeka Belajar, Kodim 0821/Lumajang meneguhkan langkahnya dengan menggelar kegiatan “Babinsa Mengajar”yang merupakan salah satu wujud nyata dari keterlibatan TNI dalam memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di wilayah binaannya.

“TNI-AD melalui Babinsa turut aktif ambil bagian dalam mendukung proses pembelajaran di sekolah-sekolah dengan mengajar langsung di kelas-kelas, mereka tidak hanya memberikan tambahan pengetahuan kepada siswa, tetapi juga menjadi contoh dan inspirasi bagi generasi muda,” pungkasnya. (Fendi).

Jatim Raya | Dari Jawa Timur Untuk Indonesia We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications