Tutup Iklan
Jember Raya

LP2M UNEJ Mitigasi Tsunami Di Pantai Watu Ulo

11
×

LP2M UNEJ Mitigasi Tsunami Di Pantai Watu Ulo

Sebarkan artikel ini

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember (UNEJ) Jawa Timur melakukan penanaman pohon cemara udang di pantai Watu Ulo Kecamatan Ambulu, kegiatan yang dihadiri Ketua LP2M UNEJ Prof. Yuli Witono sebagai upaya mitigasi bencana tsunami agar dampaknya bisa di tekan semaksimal mungkin.

Ratusan pohon cemara yang di tanam diharapkan bisa menjadi penunjang keindahan pantai Watu Ulo, sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan datang. Dengan ketertarikan wisata berkunjung bisa berefek terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat pelaku wisata.

Penghijauan yang mengundang Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Lumajang dapat memperkuat sinergitas dalam kegiatan LP2M dengan para profesi keperawatan dalam kegiatan kedepannya.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Lumajang DR.,H., Suhari, A. Per. Pen. MM., kegiatan yang dilakukan juga peringatan Hari Bumi se-Dunia agar bumi dengan pedulian ada keseimbangan ekosistem. Tanpa kepedulian penjaga keseimbangan akan berdampak pemanasan global dan akhirnya terjadi bencana.

“Kegiatan ini terangkum dalam kegiatan peringatan Hari Bumi se-Dunia, sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem,” kata pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Provensi Jawa Timur, Selasa (30/04/2024).

Dijelaskan Dosen Keperawatan UNEJ tersebut banyak manfaat dari tanaman cemara udang selian dapat memperindah pantai juga dari kayunya bisa dijadikan bahan bangunan, bahan baku pembuatan kertas. Daun cemara mengandung senyawa-senyawa aktif yang dapat digunakan sebagai obat. Pohon cemara juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias dan sebagai tanaman penahan erosi di daerah-daerah yang rawan erosi.

DR., H., Suhari juga memaparkan cemara juga kerap dijadikan dekorasi ruangan. Daun cemara berbentuk jarum dengan panjang sekitar 1-3 cm dan tersusun rapat pada dahan. Daun cemara berwarna hijau kebiruan dan dapat bertahan selama 4-8 tahun sebelum berguguran. Buah cemara berupa bulir berwarna coklat yang kerap dijadikan ornamen hiasan.

Kegiatan LP2M UNEJ itu juga mengundang BPBD Kabupaten Jember, jajaran Muspicam Ambulu agar nanti apa yang telah dilakukan dikuatkan oleh jajaran pemerintah daerah sampai hilir. (Fendi).

Jatim Raya | Dari Jawa Timur Untuk Indonesia We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications