Tutup Iklan
Lumajang Raya

Pohon Tumbang Menggangu Jalan Di Lumajang Ada Bakar Dibakar

2
×

Pohon Tumbang Menggangu Jalan Di Lumajang Ada Bakar Dibakar

Sebarkan artikel ini
BPBD minta warga tidak sembarangan melakukan bakar-bakar pohon (dok:Effendi/Jatim Raya)

Lumajang – Pohon tumbang di dua lokasi berbeda di Kelurahan Citrodiwangsan atau depan SMK PGRI dan Kelurahan Rogotrunan, wilayah Kecamatan Lumajang Jawa Timur disebabkan angin kencang yang sebelumnya sempat turun hujan intensitas sedang.

Penanganan dari petugas gabungan BPBD TNI Polri dan relawan melihat kayu jenis pohon sono diameter 60 Cm yang melintang jalan menemukan adanya bagian batang pohon bekas dilakukan pembakaran, hal itu menjadi pemicu terjadinya bencana buatan.

Salah satu petugas dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Lumajang, Nur Cahyo menjelaskan, bahwa dalam proses pembersihan pohon tumbang, petugas menemukan fakta mengejutkan yaitu bagian batang bawah bekas di bakar.

“Belum pasti penyebabnya, tapi petugas menemukan adanya batang pohon bagian bawah yang bekas dibakar. Sementara itu, kondisi angin yang bertiup kencang juga turut memperparah situasi,” jelas dia, Sabtu (06/01/2024).

Melihat kondisi tersebut staf dari BPBD Lumajang, diimbau untuk tidak membakar bagian pohon dengan sengaja atau tidak sengaja. Tindakan ini dapat menyebabkan bencana dengan robohnya pohon, terutama di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Kami mengingatkan masyarakat akan bahaya yang ditimbulkan, tidak hanya terhadap lingkungan, tetapi juga keselamatan dan keamanan masyarakat”, ucap Nur Cahyo.

Masyarakat diminta saling bekerjasama dalam menjaga kelestarian lingkungan serta mencegah kejadian serupa di masa yang akan datang, mencegah terulangnya hal yang sama semua elemen dan stik holder untuk saling mengingatkan.

Sementara itu pantauan media ini tidak sedikit pohon-pohon yang ada dipinggir jalan di bakar bagian batangnya seperti di sekitar depan Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Lumajang, di jalan Bondoyudo dan di beberapa lokasi ruas jalan lain.

Jatim Raya | Dari Jawa Timur Untuk Indonesia We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications