Tutup Iklan
Probolinggo Raya

Pemilu 2024 Kabupaten Probolinggo Kerahkan 6.324 Personil Keamanan

6
×

Pemilu 2024 Kabupaten Probolinggo Kerahkan 6.324 Personil Keamanan

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto didamping Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana dan Kajari Probolinggo David P Duarsa melakukan pengecekan pasukan PAM TPS (dok: Fendi/Jatim Raya)

Polres Probolinggo menggelar Apel Pergeseran Pasukan dalam Rangka Pengamanan TPS Tahap Pungut dan Hitung Suara Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2024 di wilayah hukum Polres Probolinggo, Senin (12/2/2024) di halaman Mapolres Probolinggo.

Apel Pergeseran Pengamanan TPS yang diikuti oleh personil TNI/Polri dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) serta Kapolsek di wilayah hukum Polres Probolinggo ini dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto.

Turut mendampingi Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Probolinggo David P Duarsa, perwakilan Kodim 0820 Probolinggo dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo.

Dalam arahannya, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto mengatakan apel penggeseran pasukan dimaksudkan untuk mengecek personel dan perlengkapan personel yang akan bertugas memberikan dukungan perkuatan bagi satuan kewilayahan dalam mengamankan Pemilu tahun 2024, tahap masa pemungutan suara di TPS dan penghitungan suara.

“Dengan persiapan yang matang, tentunya kami berharap dukungan dan sinergi antara semua pihak terkait, sehingga pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, sejuk dan demokratis di Kabupaten Probolinggo,” kata Pj Bupati Probolinggo.

Menurut Pj Bupati, untuk pengamanan Pemilu 2024 ini tidak bisa mengandalkan kekuatan dari luar daerah seperti Pilkades (Pemilihan Kepala Desa). Hal ini dikarenakan Pemilu dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Sehingga seluruh jajaran Polres, Kodim dan Linmas memaksimalkan personal masing-masing dan menggunakan kekuatan potensi yang ada.

“Salah satunya kita mengutamakan komunikasi. Memang secara personal tiap-tiap TPS tidak mencukupi dengan jumlah yang cukup terbatas. Untuk pengamanan TPS ini, Polres Probolinggo menyiapkan sebanyak 505 personil, Kodim 0820 Probolinggo sebanyak 209 personil dan Linmas sebanyak 5.610 personil. TPS yang kerawanannya agak tinggi maka perlu penguatan personal,” tuturnya.

Sementara itu Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana, menerangkan bahwa selama ini dalam setiap pesta demokrasi Kabupaten Probolinggo selalu aman dan kondusif. Meskipun demikian, hal tersebut tidak bisa dianggap remeh dan enteng.

“Kami bersama dengan jajaran Forkopimda akan terus memantau pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Di masa tenang ini, petugas itu malah sibuk-sibuknya. Kita betul-betul dituntut bagaimana tanggung jawab sesuai ketentuan yang berlaku. Terima kasih atas kontribusi semua pihak dalam beberapa tahapan Pemilu tahun 2024. Marilah bersama-sama sukseskan Pemilu Damai tahun 2024,” ucap Kapolres Probolinggo. (Fendi).

Editor: Hendriko

Jatim Raya | Dari Jawa Timur Untuk Indonesia We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications